Blog

Maja Menjadi Kawasan Yang diIncar Pebisnis Properti

 

Maja Menjadi Kawasan Yang diIncar Pebisnis Properti

Blog Citra Maja Raya

Sebanyak 21 perusahaan properti akan membangun perumahan di kawasan permukiman Kota Kekerabatan Maja (KKM) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

“Pembangunan perumahan tahap pertama sekitar 20.000 unit,” kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Lebak Hari Setiono di Rangkasbitung, Selasa.

Menurut dia, pemerintah daerah memberikan kemudahan proses perizinan bagi pengusaha yang berinvestasi di kawasan permukiman KKM.

Kementerian Perumahan Rakyat mengembangkan permukiman perumahan di wilayah barat yakni KKM, Kabupaten Lebak.

Sebab ketersedian lahan untuk permukiman di wilayah Bogor, Tangerang dan Bekasi relatif terbatas.

Diperkirakan kawasan permukiman Kota Kekerabatan akan menampung warga DKI Jakarta sekitar 2,5 juta jiwa.

Mereka setiap hari nantinya menggunakan angkutan Kereta Listrik (KRL) Commuter Line dengan rel ganda (double treck) rute Maja-Jakarta.

Perjalanan kereta ditempuh selama 1,5 jam dengan jarak 60 kilometer.

“Kami mendukung para pengusaha yang akan membangun Kota Kekerabatan, karena bisa menyerap tenaga kerja lokal juga pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” katanya.

Ia menjelaskan, ke-21 perusahaan properti yang siap membangun kawasan permukiman Kota Kekerabatan diantaranya PT Maja Gemilang dan PT Ciputra Group.

Mereka para pengusaha sudah mulai merealisasikan pembangunan perumahan di kawasan permukiman KKM.

Pembangunan perumahan di kawasan KKM itu seluas 5.250 hektare sudah dibebaskan oleh BMUN tahun 1990-an.

Apabila, Kota Kekerabatan dijadikan permukiman maka akan tumbuh kawasan perdagangan, rumah sakit, pendidikan dan jasa lainnya.

“Kami yakin ke depan Kecamatan Maja menjadi Kota Mandiri,” ujarnya menjelaskan.

Ia menyebutkan, perumahan yang dibangun perusahaan pengembang melayani tipe sederhana dan bersubsidi untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Pemerintah daerah terus mendorong Kota Kekerabatan menjadikan daerah investasi sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat juga peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami melayani semua pengusaha yang akan membangun KKM dengan memberikan kemudahan perizinan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pelaksanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Asep Rusman mengatakan Kecamatan Maja sebagai Kota Kekerabatan dengan perbatasan langsung Bogor, Tangerang dan Serang akan dijadikan kawasan permukiman.

“Saya kira berdasarkan “master plan” Kemenpera bahwa Kecamatan Maja dijadikan pengembangan permukiman sejak 1990-an. Saat itu Menteri Perumahan Rakyat dipimpin Akbar Tanjung,” katanya. (bn)

Sumber : www.ciputranews.com

Incoming search terms: